Rabu, 21 November 2007

Mengapa pelayanan kantor pos masih seperti yang dulu, kpan perubahannya ?


Mungkin ini pertanyaan yang ada di benakku sampai saat ini, hal ini bukan tanpa sebab musabab. Kejadian ini bermula kemaren hari sabtu, minggu kemarin. Pada waktu itu gw pagi pagi berencana mengirimkan paket pos berupa lamaran kerja sebanyak enam buah. ( 6 ). Seperti sebelumnya dan biasanya, maklum aku kan sekarang pengangguran, ya jadi ngirim lamaran via kantor pos mlulu. saya memberikan paket tersebut ke pegawai pos dan diterima dengan pertanyaan yang rutin pasti ditanyakan. “Mas ini paket kilat atau biasa”?. Tentu saja aku bilang “kilat mbak” . sambil menunggu di cap sama dicatet ini itu gw merokok dulu. Karena sudah terbiasa pengerjaannya agak lama maka gw kesamping ruko beli amplop lagi. Oo iya waktu itu gw ama ponakan gw. Sehabis itu masuk lagi ke kantor pos dan sampai disana saya Tanya habis berapa ? dan dijawab 5000 rupiah per paket. Karena denger hal itu, refleks saya balik nanya, “lho mbak, emang tariff nya naek ya?”......e e eh dengan nada tinggi dan muka gak enak gitu, dia jawab “ lebih dari 50 gram mas” ..wahhh agak kesel juga gw denger kata kata itu. Kan gw Tanya juga kalo itu wilayah Jakarta semua lho..padahal minggu sebelumnya gw kirim pos ke wilayah Jakarta itu tarifnya 4300 per paket. Itu aja aku masih agak bingung dengan tulisan di bukti pengiriman. Kan ada tulisan PPn 1 % kok yang tertulis jumlahnya PPn 10 % . atau salah cetak kali’ ya...he he he...apalagi sekarang tarif perpaketnya jadi 5000 . ini dengan perincian berat timbangan 65 gr.( Rp 4400 ) disama ratakan. Trus PPn 1 % ( Rp 500 ) perasan 4400x1% adalah 44 rupiah deh....trus total biaya 4900. dan dia bilang dibulatkan jadi 5000 per paket. Ammpunn...coba kita liat perincian korupsi yang dilakukan dari hal kecil seperti ini.dari PPn itu sudah 500-44=456 rupiah , trus dari pembulatan 5000-4900=100 rupiah. Jadi total korupsi 1 buah paket kilat pengiriman wilayah Jakarta adalah sebesar 456+100=556 rupiah. Itu saja jika penimbangannya benar ( jujur gw ragu akan hal ini ) karena hanya berpaut 1 minggu, dengan barang yg diposkan sama, trus tujuan nya juga wilayah yang sama. Kenapa beda?! Dikantor pos yang sama lagi.mungkin dengan cerita ini bisa dijadikan cerminan dari suatu tempat pelayanan public di Indonesia yang sudah punya budaya dan berjiwa korup. Gw yakin dan berdoa, semoga ini tidak semua aparatur sih.....kejadian ini saya alami di dekat tempat ku tinggal, ini merupakan kantos pos baru didaerahku, baru 2-3 taunan kali’....sekali lagi kita cuman bisa bilang “CAPEK DEH.....” he he he...............................

Tidak ada komentar: